Home » , » Bolehkah Copas Artikel Orang Lain??

Bolehkah Copas Artikel Orang Lain??

Bolehkah Copas Artikel Orang Lain?? -- Selamat petang dunia. Apa kabar kalian? Semoga semua masih sehat dan bahagia. Amin. Hmhm petang ini admin kok pengen buru-buru buat artikel ini ya? Kenapa? Padahal badan dan pikirannya capek karena seharian kerja. Ya jelas... petang ini admin harus sudah aktif kembali ke rutinitas biasanya. Admin harus mulai memikirkan artikel dan mendidik temen temen admin di basecamp tempat admin ngeblog. Hehe (#SokBangetDeh Min) Gag begitu sob? Memang lagi berjuang keras ini... Hehe






Oh iya ngomong-ngomong admin kalau waktu ngajarin ngeblog kan juga sering memberikan tugas selain online sosmed sembari streaming hehehe. Dan apa hasilnya sob? Pasti ente bakal tercengang. Hampir sebagian besar kegiatan mereka adalah sama. Mereka semua copi paste artikel blogger mania. Kira-kira ente sebagai guru (bahasanya orang sekolahan) bakal gimana sob? Liat kerjaan siswa-siswi ente yang mulai dari huruf besar, titik koma dan setiap kalimatnya adalah sama. Marah bukan??? Sama kalau dalam dunia blogging ini. Kalau karya sobat semua dicopi paste sama blogger yang lain pasti ente marah banget. Sobat gag terima dengan kerjaan ente yang diambil orang lain. Tapi ya jangan buru-buru marah sob. Kita sibak dulu ya, sebelum sobat menjudge bahwa tidak boleh copy paste artikel orang lain. Kenapa? Kita buka meeting kali ini dengan pengetahuan umum tentang 4 skill academic ya... Apa sih itu sob? Kita bahas satu persatu ya...


4 Macam Skill Akademik Dalam Menulis

Memang benar siapa saja yang karya pribadinya di copy paste pasti akan marah. Perbuatan copy paste memang sangat menjengkelkan. Menurut sebagian orang copy paste itu kalau kita mengambil karya orang lain saja. Ya pokokya asal comot aja. Tapi pahami betul makna copy paste itu sendiri. Copy paste yang kesemuanya diambil tanpa adanya editing itu namanya full plagiarism. Tapi bagaimana kalau cuma setengah? Bagaimana kalau cuma sepertiga? Bagaimana kalau cuma maknanya saja yang di copy paste? Maka dari itu silahkan baca 4 pengertian berikut ini sebelum kita semua mengatakan bahwa Copy Paste dilarang.


1. Field Note
Field note adalah salah satu skill academic writing yang mana menggunakan sebuah catatan kecil selama melakukan pengamatan dan setelah melakukan pengamatan. Bukan hanya itu, field note dapat diartikan juga sebagai sebuah kegiatan yang selalu membuat catatan kecil yang penting-penting saja sehingga ketika catatan kecil itu dirangkai akan menjadi sebuah text baru maka text baru itu akan semakna dengan aslinya. Bagaimana masih mengatakan copy paste dilarang? Lanjut ya... Skill/cara ini dipakai dalam penelitian kualitatif.


2. Summarizing
Summarizing adalah skill academic writing yang digunakan oleh seorang scientist dalam merangkum atau mengambil ringkasan penting dari sebuah text yang difokuskan pada point-point pentingnya saja. Jadi skill ini hanya mencuplik point-point pentingnya saja. Kemudian apakah makna dari text itu masih sama. Yap... ostosmatis juga masih sama dengan aslinya. Bagaimana masih mengatakan copy paste dilarang? Lanjut lagi ya...


3. Paraphrasing
Paraphrasing adalah penyampaian ide atau gagasan pokok dari orang lain yang pernah didengar, dibaca atau didapat selama pembelajaran kemudian dituangkan kedalam bahasa sendiri tanpa menghilangkan inti dari text/ujaran aslinya. Cara menuangkan ide kembali adalah dengan cara menuangkan gagasan tersebut dalam sebuah tulisan. Oke, admin kasih definisi lagi jika dilihat dari kelas kata.


(a) Paraphrasing adalah sebuah kata benda yang berarti penuangan kembali sebuah ujaran dari sebuah level dan macam bahasa menjadi bentuk yang lain tanpa merubah makna aslinya.


(b) Paraphrasing adalah masih dalam kategori kata benda yang mana berarti penguraian kembali sebuah teks bebas kedalam bentuk (struktur) yang berbeda dengan tujuan mengungkapkan makna yang tersembunyi didalamnya.


(c) Dilihat dari definisi kata kerja, paraphrasing adalah menguraikan kembali teks menjadi teks yang berbeda bentuknya namun masih memiliki makna yang sama.


Bagaimana sob masih mengatakan copy paste tidak diperbolehkan? Coba deh difikirkan kembali ya... Yuk lanjut ke skill yang terkahir.


4. Synthesizing 
Apa sih yang dimaksud dalam synthesizing? Synthesizing atau sintesis adalah aktivitas yang mengintegrasikan dua atau lebih theory menjadi satu arti. Jadi kegiatan ini menyimpulkan atas dasar pemikiran sendiri dengan melihat dua theory yang relevan. Misalnya adalah mensintesa theory of reading dari Brown dan theory of reading dari Chammot. Kemudian kita menyimpulkannya sendiri tanpa memakai kata dari kedua teori tersebut. Jadi benar-benar atas gagasan kita sendiri. Nah itu lah yang dimaksud dengan sintesa teori. Kegiatan ini lebih kompleks dibandingkan dengan 3 skill diatas. Biasanya teknik ini dipakai oleh orang yang sudah mencapai pendidikan strata 2 ataupun strata 3.


Gimana sudah ada gambaran belum? Heheh oke admin lanjutkan kembali mengenai beda paraphrase dengan plagiarism.


Perbedaan Parapharse dan Plagiarism
Kegiatan paraphrase adalah menuangkan ide kembali dari penjelasan orang lain kedalam bahasa kita sendiri tanpa adanya niat mengambil secara keseluruhan karya orang lain. Sedangkan plagiarisme adalah sebuah tindakan yang mana menuangkan ide kembali karya orang lain tanpa memperlihatkan kutipan atau sumber dari orang lain tersebut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia plagiarisme adalah mengambil karya/karangan orang lain dan diterbitkan atas nama diri sendiri. Nah dalam hal ini orang yang melakukan tindakan tersebut adalah plagiator.


Yang perlu digaris bawahi adalah ketika melakukan kesemua skill diatas baik field notes, summarizing, paraphrasing, dan synthesizing kita harus selalu berhati-hati. Lakukan sesuai dengan peraturan yang ada. Karena pada dasarnya paraphrase dengan plagitisme itu sangatlah mirip. Maka dari situ belajat memparaphrase itu sangatlah penting. Dan jangan lupa mengapa to kok dalam pembuatan skripsi,thesis dan dissertasi selalu dibubuhi dengan theory dan daftar pustaka. Nah untuk tujuan inilah makanya dipakai.


Kesimpulan
Sekarang sebelum admin membuat kesimpulan sendiri. Coba boleh tidak sih kita copy paste karya orang lain? Yang setuju silahkan angkat tangan yang tidak setuju juga angkat tangannya. Admin disini hanya memberikan wawasan saja. Mohon maaf kalau ada salah-salah kata. Oke ketemu lagi dilain waktu ya sob? Admin mau siap-siap ke masjid, sudah hampir isya' nih wkwkwk. Bye jangan lupa ya baca juga Cara Melindungi Artikel biar tidak dicopy paste (Bagi yang pelit wkwkwk). Hanya catatan saja sedikit sob "Khoirunnaas Anfauhum Linnas". Artinya cari sendiri ya... hehe


Jangan lupa saran dan komentarnya ya sob... Berbagi gratis juga boleh. Terimaksih dan Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

.comment-content a {display: none;}